Cara Mudah Menyusun Kurikulum Operational Di Satuan Pendidikan

12 Apr 2023

Cara Mudah Menyusun Kurikulum Operational Di Satuan Pendidikan

Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan mengacu pada proses pelaksanaan kurikulum di lembaga pendidikan, baik itu di tingkat sekolah, perguruan tinggi, atau institusi pendidikan lainnya. Kurikulum operasional ini melibatkan semua aspek terkait dengan pengajaran dan pembelajaran, termasuk perencanaan, implementasi, evaluasi, dan pengembangan kurikulum.

Proses pengembangan kurikulum di satuan pendidikan dimulai dengan penyusunan kurikulum dasar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau lembaga yang berwenang lainnya. Selanjutnya, satuan pendidikan mengadaptasi kurikulum dasar tersebut ke dalam konteks dan kondisi lokal di lingkungan sekolah atau institusi pendidikan lainnya.

Setelah kurikulum operasional disusun, proses implementasi dilakukan dengan menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dan memberikan pembimbingan dan pengawasan yang tepat. Evaluasi dilakukan untuk mengevaluasi keberhasilan proses pembelajaran dan memberikan umpan balik yang diperlukan untuk pengembangan selanjutnya.

Kurikulum operasional di satuan pendidikan juga mempertimbangkan aspek yang berkaitan dengan pembelajaran seperti metode pembelajaran, penilaian hasil belajar, penyebaran informasi kepada siswa, pemilihan sumber belajar yang tepat, dan penggunaan teknologi pendidikan yang sesuai. Selain itu, kurikulum operasional juga melibatkan semua stakeholder yang terkait dalam proses pendidikan, termasuk guru, siswa, orang tua, dan masyarakat setempat.

Silahkan klik link ini untuk info lebih jelas https://www.youtube.com/watch?v=eTSyH09WPCA
Materi Klik LInk ini https://s.id/kopsmerdekamengajar


Leave a Comment